Identifikasi Trend Perubahan Daerah Rawan Banjir (Studi Kasus : Kabupaten Kolaka Utara)

Ulfianti Ulfa, Djafar Mey, Surya Kurniawan

Abstract


Terdapat 11 banjir yang tercatat yang telah terjadi di Kabupaten Kolaka Utara sejak 2013 hingga 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab banjir, tren perubahan banjir, mengetahui distribusi lahan rawan banjir. Penelitian ini menerapkan analisis atribut dengan penilaian dan pembobotan serta analisis spasial dengan overlay analysis. Penilaian dan pembobotan dilakukan dengan skor dan parameter yang berpengaruh. Analisis spasial dilakukan dengan overlay terhadap peta tematik satu dengan yang lain. Hasil analisis menunjukkan beberapa penyebab banjir di Kabupaten Kolaka Utara, terdiri dari Penggunaan Lahan, Curah Hujan, Lereng, Tekstur Tanah, Surfer Drainase dan Buffer Sungai. Pola distribusi banjir digolongkan ke dalam 5 kelas yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan tidak ada risiko , yang tersebar di daerah pegunungan dengan kemiringan 0% -15%, tekstur tanah sangat halus dan halus, penggunaan lahan tambak, permukiman dan kebun campur, dan pemukiman berkembang di sepanjang tepi sungai. Tren perubahan di daerah rawan banjir dari tahun 2013 hingga 2016 meningkat di Kodeoha 11.420,9 Ha, Kecamatan Lambai 1.239,3 Ha, Kecamatan Pakue 26.200,6 Ha, Kecamatan Tengah Pakue 70.821,3 Ha, Kabupaten Pakue Utara 85.993,3 Ha dan Kecamatan Porehu 42.117,2 Ha dan Kecamatan Ranteangin 18.230,6 Ha. Perubahan di daerah rawan banjir juga menurun di wilayah Kabupaten Lasusua 6.251,7 Ha, Kecamatan Batu Putih 10.129,1 Ha, Kecamatan Ngapa 5.530,5 Ha dan Kecamatan Wawo 9.093,6 Ha.

 Kata Kunci : Banjir, Pembobotan, Overlay, Tren, Pola Distribusi

DOI : 10.5281/zenodo.2658816


Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. W. S., dan As-syakur A. R., 2012, “Aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG) Berbasis Data Raster Untuk Pengkelasan Kemampuan Lahan Di Provinsi Bali Dengan Metode Nilai Piksel Pembeda (Application of Geographic Information System (GIS) based raster data to classify land capability in Bali Province by using differentiator pixel value method)”,Jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar.

Arif, D. A., 2012, “Prioritas Penanganan Banjir Kecamatan Telanaipura Kota Jambi Tahun 2012, Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan, UNS, Surakarta.

Aziz, M. L., 2012, “Pemetaan Tingkat Kerentanan dan Tingkat Bahaya Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS)Bengawan Solo Bagian Tengah di Kabupaten Bojonegoro”, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Faisol, A., Muslim, M. A., dan Suyono, H., 2014, “Komparasi Fuzzy AHP dengan AHP pada Sistem Pendukung Keputusan Investasi Properti”, Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Malang.

Fariz, H., Atmawidjaj, R. R., dan Kresnawati, D. K., 2014, “Identifikasi Penutupan Lahan Menggunakan Citra Satelit Spot 4”, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Hamdani, H., Sulwan P., dan Adi S., 2014, “Analisa Daerah Rawan Banjir Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Pulau Bangka)”, Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Indawati, L., 2015, “Analisa Tingkat Kerawanan Banjir dan Persepsi Masyarakat Terhadap Upaya Pengurangan Dampak Banjir di Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro”, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Indrianawati, Hakim D. M., dan Deliar A., 2013,“Penyusunan Basis Data untuk Identifikasi Daerah Rawan Banjir Dikaitkan Dengan Infrastruktur Data Spasial Studi Kasus : Provinsi Jawa Barat”,Jurusan Teknik Geodes, Institut Teknologi Nasional, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------